4.630 Personel dan 130 Alutsista Akan Dikerahkan Dalam Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI Tahun 2023

Jakarta, wartasuarapolitik.com : Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 78 Tahun yang jatuh setiap tanggal 5 Oktober. Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bersama Kasad Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E.,M.M,M.Tr.Opsla. dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E,M.P.P.,C.S.F.A. menyaksikan Geladi Bersih Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI Tahun 2023, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023).

Pada Geladi Bersih tersebut, Mayjen TNI Choirul Anam, S.E.,M.M, sehari-hari menjabat Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad, bertindak selaku Komandan Upacara. Sementara pengucap Sapta Marga dari tiga Matra TNI yaitu Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto (Danbrigif Mek 16/WY) didampingi Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang), Kolonel Pas Dili Setiawan (Asren Kopasgat). Sedangkan perwakilan penerima tanda kehormatan diantaranya Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko, S.I.P.,M.M. (Pangdam XIII/MDK), Mayjen TNI (Mar) Markos, S.E. (Aspotmar Kasal) dan Marsda TNI Andi Kustoro, S.E. (Pangkoopsud II).

TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju, menjadi tema dalam HUT ke-78 TNI Tahun 2023. Pada kesempatan itu, Upacara Parade dan Defile HUT ke-78 yang akan diselenggarakan pada 5 Oktober 2023 di Silang Monas akan mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista.

Dalam tema tersebut terkandung makna bahwa TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri tiga matra darat, laut dan udara akan selalu solid, kokoh dan loyal kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan akan terus mengawal demokrasi bersinergi dengan seluruh komponen bangsa Indonesia. Tujuannya adalah untuk Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera.

Kekuatan Pasukan Upacara Parade terdiri dari Kelompok Panji-Panji,1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNIAD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik. Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yondrumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

Menurut informasi yang diperoleh awak media,  demo udara melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara akan ikut meramaikan udara diatas Jakarta pada 5 Oktober 2023. Demonstrasi diantaranya flypass pesawat tempur, helly dan free fall sebanyak 78 personel. Juga tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel, dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel dan di tutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.

Untuk diketahui, di Silang Monas Jakarta Pusat, sejak tanggal 24 September 2023 telah terlaksana berbagai kegiatan seperti Bakti Kesehatan meliputi operasi katarak, sunatan massal dan donor darah, Panglima TNI Run, Matra Fair dari TNI AD, AL dan AU serta pembagian sembako kepada masyarakat. (Red)
Diberdayakan oleh Blogger.