Jelang Pemilu 2024, FWJ Indonesia Bangun Sinergitas dengan Bawaslu Jakarta Utara

Jakarta, wartasuarapolitik.com : Jelang Pemilu 2024, Forum Wartawan Jaya (FWJ) Indonesia luncurkan program Jaga Kampoeng yang di deklarasikan pada tanggal 27 Oktober 2023 lalu. Program itu merupakan inisiasi Dewan Pimpinan Pusat FWJ Indonesia yang diwajibkan seluruh DPD maupun Kordinator Wilayah (Korwil) membangun sinergitas pesta demokrasi.

Program itu telah dijalankan beberapa DPD maupun Korwil FWJ Indonesia guna memberikan rasa aman, nyaman, dan mampu menciptakan kondusifitas pemilu 2024 serta membendung adanya pemberitaan hoax. 

Bertepatan dengan Hari Toleransi se Dunia tepatmya hari Kamis (16 /11/’23) kemarin, Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Jakarta Utara menerima kunjungan Forum Wartawan Jaya Indonesia FWJI Korwil Jakarta Utara dalam konteks kolaborasi sinergitas Jaga Kampoeng jelang Pemilu 2024.

“Program yang dilakukan FWJ Indonesia yakni guna membangun sinergitas antara Bawaslu dan para awak media yang ada di Jakarta Utara untuk memerangi berita Hoax serta untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam pemilu nanti. Ujar ketua FWJ Indonesia Korwil Jakarta Utara, Sogi Sasmita.

Lanjut dia, program Jaga Kampoeng akan menjadi centre informasi dan publikasi baik jelang Pemilu maupun pada hari pencoblosan Februari 2024 nanti. 

"Bawaslu Jakarta Utara siap sinergi dengan kami. Selain Bawaslu, kami juga akan audience dengan KPU Jakarta Utara, Kapolres Metro Jakarta Utara dan Kodim Jakarta Utara. Bahkan kami juga akan mengundang para stakeholder pengusaha wilayah untuk sama sama menjaga netralitas maupun keamanan dalam Pemilu 2024. "Kata Sogi.

Selain itu, Sogi juga menyebut FWJ Indonesia Korwil Jakarta Utara segera akan membangun pos - pos Jaga Kampoeng disetiap Kecamatan yang ada di wilayah administrasi Jakarta Utara. Hal itu dijelaskannya untuk memudahkan komunikasi dan kordinasi yang lebih intensif. 

"Ya kami akan bangun komunikasi dengan pihak Kecamatan di Jakarta Utara dan membangun Pos Jaga Kampoeng. Tadi juga dari Bawaslu mengapresiasi bentuk sinergitas kami dengan diberikannya prioritas bagi para anggota FWJ Indonesia dalam memperoleh informasi terkait kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Bawaslu Jakarta Utara. "Ungkapnya.

Kunjungan FWJ Indonesia Korwil Jakarta Utara telah disambut baik oleh ketua Bawaslu Jakarta Utara Johan Bahdi. Pada pertemuan tersebut terlihat suasana yang akrab diawali dengan saling mengenalkan diri staf FWJ Indonesia Korwil Jakut dengan staf Bawaslu Jakarta Utara.

“Bawaslu Jakarta Utara pada dasarnya menyambut baik dan antusias terhadap kunjungan FWJ Indonesia Jakarta Utara karena dalam menjalankan tugas dan kegiatannya selalu berdasarkan tupoksi dan aturan yang berlaku, merasa bahwa peran media sangatlah juga penting untuk sama sama mengawasi jalannya prosesi Pemilu 2024. "Ucap Johan, Ketua Bawaslu Jakarta Utara.

Sehingga kata dia, Bawaslu Jakarta Utara nantinya dalam melaksanakan tugasnya akan menghasilkkan hasil pengawasan kepada publik yang layak dipertanggungjawabkan untuk dipublikasikan.

Sementara Humas Bawaslu Jakarta Utara mengatakan Politik identitas yang beredar luas melalui Media Sosial (medsos) bisa menimbulkan perpecahan, Hal tersebut terjadi atas unsur Ras atau Sara yang banyak tersiar di Medsos. Demokrasi seperti inilah yang diantisipasi oleh Bawaslu. "Pungkas Ronald Reagan. (*/Red)
Diberdayakan oleh Blogger.